Rabu, 14 Februari 2018

ETIKA BERKOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL



ETIKA BERKOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL

Tidak mengumbar informasi peribadi.
Menggunakan kata – kata yang layak dan sopan. Perhatikan penulisan.
Menghargai hasil karya orang lain.
Tinjau ulang kebenaran berita.
Jangan menilai berita dari judulnya saja.
Opini bedasarkan fakta dan data
Hindari : penyebaran SARA, hal – hal yang tidak etis, dan pornografi
Hindari media sosial jika sedang emosi.

“Bijaklah dalam membagikan informasi dan berkomunikasi dalam media sosial”
“Pahami dan periksa sebelum dikirim”
“ SARING SEBELUM SHARING “

MANFAAT MEDIA SOSIAL
Komunikasi
Bersosialisasi, mempertemukan teman lama, menambahkan teman baru, mengetahui informasi terkini, menambahkan pengetahuan.
Hiburan
Cerita, gambar, kutipan, dan video hiburan, serta berkumpulnya para pengguna dengan minat dan hobinya sejenis.
Ekonomi
Media promosi dan iklan, serta memperkenalkan usaha dimiliki

BAHAYA MEDIA SOSIAL
Berkurangnya kemampuan komunikasi di dunia nyata.
Pornografi, kekejaman, dan kesadisan
Penipuan, carding, dan perjudian
Kemerosotan moral
Cybercrime : Hacking, Cracking
Tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di jejaring sosial

ETIKA MENGIRIMKAN E-MAIL
Alamat e-mail atau foto merepresentasikan identitas pengirim
Mengisi subject dengan tepat
Mengisi badan e-mail singkat dan padat memperhatikan :
Bahasa baik dan benar : Buka dengan salam
Mengenalkan identitas : Tujuan singkat dan jelas
Akhir dengan terima kasih
Apabila melampirkan sesuatu, diyakinkan lampiran sudah tersedia.
Membaca dan memeriksa ulang sebelum mengirim.

ETIKA MENGIRIM PESAN
Perhatikan waktu pengiriman pesan
Gunakan bahasa yang baik dan benar
Mulai dengan salam
Cantumkan identitas pengirim
Tuliskan tujuan dengan singkat dan jelas
Permintaan maaf bisa ditambahkanuntuk menunjukkan kerendahan hati
Akhiri dengan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Guruku

Guru yang baik bukan hanya yang bersertifikasi. Guru yang baik bukan hanya mereka yang suka bermake up ria. Guru yang baik bukan h...